13 Mei 2007

Kebiasaan Buruk di Mulai Sejak Dini

Sejak anak bisa berkomunikasi, mereka mulai menyerap segala informasi dan menerima berbagai macam contoh yang ada di sekitarnya, baik itu dari orang tua, keluarga, lingkungan dan teman-teman. Bahkan dari sumber-sumber yang sifatnya satu arah, seperti media elektronik, film, Video juga majalah-majalah dan media advertising lain seperti iklan.Generasi muda sekarang juga sudah mengalami era kemajuan teknologi informasi, seperti internet yang mungkin tidak dialami oleh generasi pendahulunya.

Informasi-informasi serta contoh-contoh yang mereka lihat memungkinkan untuk diserap begitu saja bahkan dimaknai sendiri sesuai dengan pemikiran mereka masing-masing. Contoh-contoh yang mungkin sudah dianggap sebagai suatu hal yang biasa dilakukan bahkan dilihat sebagai suatu gaya hidup seperti minum minuman keras beralkohol, merokok dll berpotensi untuk berlanjut kepada hal-hal lain yang mungkin akan mereka coba, sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak dan remaja, yang selalu ingin tahu dan mencoba hal-hal yang baru.

Seminar-seminar dan kampanye anti narkoba terus berlomba untuk lebih cepat memasyarakat dibandingkan dengan informasi sehari-hari atau bisa juga disebut sebagai "informasi jalanan" , untuk memberikan penjelasan yang sebaik-baiknya sehingga generasi muda sekarang yang mempunyai kemampuan menyerap informasi dengan cepat, mempunyai sisi pandang lain dari suatu informasi mengenai narkoba, dimana informasi-informasi yang disebarluaskan dari seminar-seminar dan kampanye anti narkoba bisa memberikan pandangan yang benar dan positif sehingga meningkatkan kewaspadaan dan menambah pengetahuan mengenai bahaya narkoba.

Data statistik yang dikumpulkan oleh Departement of Education, United States of America menyebutkan remaja di Amerika mulai merokok pada usia 12 tahun, usia 13 tahun mulai minum alkohol, dan usia 14 tahun mulai menghisap ganja. Walaupun data ini tidak menggambarkan mayoritas kebiasaan anak pada umumnya, tetapi harus diwaspadai hal ini juga terjadi di Indonesia. Beberapa contoh mudah kita temui anak-anak Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang merokok, kemudian di sisi lain, sering juga kita temui anak-anak jalanan yang "ngelem" (menghisap aroma lem) dan mengkonsumsi alkohol pada usia-usia yang masih sangat muda.

Bagian informasi produk ini bermaksud memberikan penjelasan mengenai produk-produk yang dikategorikan sebagai narkoba di Indonesia, juga undang-undang yang mengatur mengenai penyalah gunaan dan segala aktifitas yang berkaitan dengan narkoba. Juga untuk membantu gerakan-gerakan anti narkoba yang sudah dimulai, sehingga kita bisa mewaspadai, memahami, dan yang paling diharapkan adalah menolak produk-produk narkoba terutama untuk dikonsumsi diri kita sendiri dan generasi sesudah kita secara tidak benar. Cegahlah semuanya sejak dini dan pada usia dini, semuanya bisa terwujud dengan kerjasama seluruh pihak. (kliknarkoba.com - copyright�2001)

"Say NO ....To Drugs"

0 komentar: