03 Juni 2007

Terdata 1,4 Juta Pemilih Pilkada Walikota Bekasi 2008

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi optimis akan selesai mendata sekitar 1,4 juta pemilih. Pendataan jumlah pemilih (jumlih) ini terkait Pilkada Walikota Bekasi yang segera digelar pada 2008 nanti.

"Kami optimis selesai. Saat ini sudah ada sekitar 900 ribu jumlah terdata," kata Wawan Hendrawan SH, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Menurutnya, saat ini sebanyak 67 tenaga dikerahkan secara maraton melakukan pendataan sekaligus verifikasi. "Ada data yang masih ngumpul di RT/RW," katanya.

Namun, Wawan menilai jika hal itu bukan hambatan namun tantangan. Sehingga, penyelesaian terkait masalah ini diharapkan segera bisa diatasi.

Wawan juga menyebutkan jika pihaknya tengah mengajukan penambahan kemampuan server kepada Sekda Kota Bekasi.

Diakui kemampuan komputer yang dimilikinya masih mampu namun prosesnya sudah lebih lambat. "Jika tidak segera diajukan nanti pasti akan lebih lambat lagi," katanya.

Sementara itu, menyinggung verifikasi, Wawan menyebut ada beberapa masalah yang harus mendapat perhatian lebih.

Misalnya, tentara/polisi yang sudah pensiun, karyawan perusahaan, orang yang udah meninggal, orang yang baru masuk 17 tahun dan lainnya.

"Kehati-hatian dan kecermatan sangat perlu agar nanti tidak menimbulkan masalah," katanya.

Informasi yang dikumpulkan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota Bekasi akan dilaksanakan pada 27 Januari 2008. Sebelum itu, proses pendataan pemilih sudah dilaksanakan hingga Oktober.

Sejumlah nama telah banyak disebut yang bakal meramaikan bursa pemilihan. Diantaranya Mochtar Mohammad (Wakil Walikota Bekasi), Rahmat Effendi (Ketua DPRD Kota Bekasi), Akhmad Syaikhu (Wakil Ketua DPRD), dan lainnya. (Poskota Online)

0 komentar: