21 Juli 2007

ITB Bekasi Mulai Menerima Mahasiswa Baru Tahun Depan

Kampus Institut Tekhnologi Bandung (ITB) yang akan dibangun di Bekasi rencananya mulai tahun depan akan membuka pendaftaran mahasiswa baru.



Ketua Tim Pembangunan kampus ITB, Porkas Pardamian Harahap, mengungkapkan meski bangunan belum terealiasi, tetapi proses perkuliahan akan segera dilakukan.

Dengan adanya perkuliahan ini diharapkan akan mendorong para donatur lain yang hendak menyumbang, kata Porkas, kepada Republika di ruang kerjanya, Rabu (11/7). Penerimaan mahasiswa baru ini lanjut Porkas tidak tergantung pada pembangunan fisik. Nantinya untuk sementara ruang kelas bagi para mahasiswa baru akan memanfaatkan fasilitas ruko yang disediakan pihak Deltamas, kata Porkas yang juga menjabat sebagai Kabid Penataan Ruang, Dinas Tata Ruang Kabupaten Bekasi.

Disebutkan Porkas, rencananya untuk sementara ini kampus ITB Bekasi akan membuka 10 jurusan. Namun jurusan nya belum bisa ditentukan. Karena akan dilakukan survei terlebih dulu dengan industri yang ada di Bekasi. Sehingga lulusan ITB Bekasi bisa terserap langsung di sejumlah tempat industri di Bekasi. Porkas menambahkan nantinya kampus ITB tersebut tetap akan dibuka untuk umum. Namun akan ada jatah khusus bagi mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Bekasi.

Sementara mengenai perkembangan pembangunan kampus, saat ini lanjut Porkas, tim yang dibentuk baru melakukan persiapan untuk peletakan batu pertama. Baru tahap perencanaan peletakan batu pertama sekitar dua bulan lagi, kata dia. Disebutkan untuk biaya perencanaan pra /master plan/ dan /master plan/ akan diajukan dana sebesar Rp 800 juta dalam anggaran belanja tambahan (ABT).

Ironisnya Porkas enggan menyebutkan para investor maupun donatur yang akan menyumbang pembangunan kampus yang berlokasi di Desa Pasir Tanjung dan Desa Pasiranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi itu. Porkas pun mengakui bahwa bantuan dari investor belum jelas. Namun Porkas dengan optimistis menyatakan bahwa selain dalam bentuk uang nantinya pihak investor akan ada yang siap menyumbang dalam bentuk material. Bahkan banyak investor yang akan menyumbang dalam bentuk bangunana.

Rata-rata mereka bilang, saya siap membangun gedung, kata Porkas. Porkas pun mengharapkan, nantinya bukan hanya bangunan gedung yang diberikan oleh donatur, tetapi juga bantuan dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa asal kabupaten Bekasi yang kurang mampu.

Sementara itu Bupati Bekasi, Sa'duddin menyatakan untuk siswa baru ITB Bekasi, pemkab akan meminta kuota sebanyak 10 persen untuk mahasiswa Bekasi dari total penerimaan mahasiswa baru. Saat ditanya mengenai pengurus yayasan kampus ITB yang akan mengurus kampus itu kata dia saat ini tengah dilakukan pendataan. supaya kita menempatkan orang-orang yang tepat, tandas Sa'duddin.

Sumber: Republika Online

0 komentar: