05 Juni 2007

Ribuan Pekerja Demo, Blokir Tol

Ribuan pekerja pabrik sepatu PT Tapak Tiara Indah, di Jl Cikarang-Cibarusah, Desa Cibatu, Cikarang Selatan demo memblokir pintu Tol Cikarang Barat, Senin (4/6) siang.

Akibatnya ruas jalan dari arah Cibarusah yang menuju pintu tol macet total. “Kami tidak bermaksud menyusahkan orang lain. Tapi kami ingin diperhatikan,” kata Dewi, seorang pekerja bagian sewing.

Pemblokiran itu sendiri, menurut mereka bukan disengaja. “Kami ingin ke kantor bupati, mau naik mobil nggak punya duit jadi nunggu di sini,” tambah mereka lagi. Karena tidak ada kendaraan yang mau mengangkut pekerja yang sebagian wanita akhirnya mereka long marh sejauh 10 km dari pabrik ke kantor pemda.

Namun di kantor Pemda, pengunjuk rasa diterima Wakil Bupati Bekasi H Darip Mulyana. “Kami juga heran kenapa hanya wakil bupati yang menerima kami,” kata Kristin Sulung, pengurus Serikan Pekerja Nasional (SPN) Jawa Barat yang mendampingi mereka.

TIDAK DIGAJI
Menurut karyawan kasus yang mereka hadapi sudah 7 bulan. “Perusahaan sudah merumahkan kami, namun gaji yang mestinya menjadi kewajiban tidak dipenuhi,” kata Yuyun, 27, wanita yang terpaksa nganggur.

Upaya mediasi melalui berbagai instansi tidak pernah terwujud dan malah semakin tidak menentu. Menurut beberapa pekerja, mesin produksi sempat dipindahkan ke pabrik lain.

Pekerja berharap bupati Bekasi mempertemukan pengusaha dengan mereka. “Kalau saja bupati mau menepati janjinya sewaktu kampanye, kami punya harapan,” tutur pekerja yang berharap langkah itu menjadi salah satu cara untuk musyawarah kembali. (Poskota.co.id)

0 komentar: