13 Juni 2007

Program 120 Hari Bupati Bekasi













Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Bekasi

Inilah program Bupati dan jajarannya selama 120 hari pertama untuk Kab. Bekasi:
  1. Memperhatikan dan memprioritaskan Pemuda dalam membangun Kabupaten Bekasi, dengan "Program Pembinaan Pemuda dan Olahraga". Program ini sebagai tahap awal untuk terjadinya komunikasi yang sehat antara Pemuda dengan Bupati dan jajaran Pemerintahan, yang dilaksanakan dibeberapa lokasi di daerah Kabupaten Bekasi. Dari program ini diserap pelbagai aspirasi secara langsung dari pemuda dan masyarakat. Dengan berolahraga bersama Pemuda dan masyarakat ("Olah Bugar" - Olahraga Bupati bersama rakyat), menghasilkan tubuh yang sehat dan fikiran yang cerdas, sehingga menghasilkan kinerja yang optimal dengan akhlak yang mulia.
  2. Temu Tani dilaksanakan untuk berdialog secara langsung serta mendengarkan harapan-harapan petani agar program-program yang dijalankan lebih berdampak dan manfaatnya dirasakan langsung kaum tani pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Bekasi pada umumnya. Dalam program ini juga dilakukan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) agar petani dapat memperbaiki pola kerja untuk meningkatkan produktivitas dan pola pembelajaran petani.
  3. Temu Kaum Buruh akan dilakukan dibeberapa Kawasan Industri sebagai langkah awal untuk menyerap secara langsung aspirasi mereka, sehingga dalam upaya pelaksanaan peningkatan SDM berkualitas yang mencakup seluruh komponen rakyat umumnya serta kaum buruh, petani, dan pemuda khususnya, diarahkan dalam upaya untuk mencapai produktivitas yang tinggi sebagai langkah kongkret mewujudkan Buruh Sejahtera.
  4. Kemudahan Perijinan Berinvestasi dan Berusaha untuk terciptanya iklim investasi yang kondusif, dilakukan dengan beberapa langkah yaitu melaksanakan prosedur yang sederhana, pelayanan yang cepat dan pelayanan yang nyaman.
  5. Peningkatan Rasa Aman di lingkungan Industri. Titik berat program ini adalah menciptakan Keamanan Berinvestasi di lingkungan industri dan terus meningkatkan keamanan serta resik lingkungan.
  6. Program Pemberdayaan Pemerintahan Desa dan peningkatan keamanan lingkungan masyarakat, dengan program Subuh Keliling (SADAR Suling) untuk berdialog dengan pimpinan desa/masyarakat agar terjadinya komunikasi langsung sebagai masukan bagi mereka dan jajaran pemerintahan untuk memperbaiki kinerja dan melakukan evaluasi secara transparan, saat bersamaan menyantuni anak yatim dan kaum du'afa.
  7. Pemberantasan buta baca tulis Al-Qur'an secara bertahap untuk merealisasikan masyarakat sejahtera yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan masyarakat Kabupaten Bekasi kesehariannya akan dihiasi oleh bacaan Al-Qur'an sehingga perilaku sosial masyarakat akan semakin ramah, sopan, dan santun.
  8. Membentuk Forum Ulama - Umaro - Tokoh Masyarakat sebagai forum silaturahmi bagi masyarakat dan pimpinannya, dan untuk melakukan evaluasi dari setiap langkah yang telah dan akan dilaksanakan dalam menjalankan amanah yang dibebankan.
Program tersebut merupakan tahap awal, dan program-program lain akan segera dilakukan. Sehingga Isue Sentral lain seperti penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Corporate Governance) melalui: (1) peningkatan kualitas birokrat,(2) peningkatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), (3) perbaikan dan peningkatan infrastruktur, (4) penanggulangan kemacetan lalu lintas, serta (5) program lainnya tidak luput dari perhatian.

Program 120 hari ini akan terlaksana dengan ridho Allah SWT dan adanya kerjasama antara masyarakat dan jajaran pimpinan pemerintahan Kabupaten Bekasi, serta niat baik, curahan pikiran, waktu, dan tenaga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Bekasi.

(Drs. H. Sa’duddin, MM & Drs. Darip Mulyana M.Si)

0 komentar: