09 Juni 2007

Pak Harto Ultah ke-86

Mantan presiden Soeharto, Jum`at (8/6), merayakan ulang tahunnya ke-86 dan sejumlah teman dekatnya akan menghadiri acara syukuran ulang tahun (ultah) yang biasa dirayakan di kediaman penguasa orde baru itu, di Jl Cendana Nomor 8 Menteng, Jakarta Pusat.

Salah satunya adalah mantan Menteri Agama di era orde baru, Tarmizi Taher.

"Ya, saya akan datang ke Cendana, seperti biasa," kata Tarmizi, sebagaimana dikutip dari Antara, usai peluncuran buku HM Soeharto Membangun Citra Islam, di Jakarta, Kamis malam (8/6).

Tarmizi mengatakan, dirinya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Soeharto dan berharap agar kesehatan mantan orang nomor satu itu, terus membaik.

"Kita berharap kadar kesehatannya yang cukup baik sampai saat ini, ditingkatkan oleh Allah SWT," katanya.

Saban kali hari ultah Soeharto, acara selalu dirayakan di Jl Cendana dan dihadiri berbagai kerabat dekat serta sejumlah mantan menteri pada era kepemimpinannya.

Soeharto, yang lahir pada 8 Juni 1921 di Kemusuk, Argomulyo, Yogyakarta, pada 22 Januari 1967, mendapatkan pengalihan kekuasaan dari mantan presiden Soekarno. Pada tanggal 27 Maret 1968, Soeharto dilantik menjadi presiden yang kemudian awal Juni dilakukan pembentukan Kabinet Pembangunan I. Tanggal 11 Maret 1998, Soeharto diangkat sebagai presiden untuk ke-7 kalinya dan BJ Habibie sebagai wakil presidennya.

Namun, pasca terjadi tragedi Trisakti yang berbuntut pada empat mahasiswa yang tertembak, lalu pada 13-15 Mei Jakarta rusuh, akhirnya pada 21 Mei, Soeharto berhenti sebagai presiden dan digantikan oleh Habibie.

0 komentar: