08 Juni 2007

Lagi, Kota Bekasi Mendapat Predikat Kota Terkotor

Meski meraih nilai sedang, namun Kota Bekasi kembali mendapat predikat 'terkotor' untuk kategori Kota Metropolitan. Pihak Pemkot Bekasi, melalui Dinas Kebersihan, belum yakin atas prestasi ini.

Data Kementerian Lingkungan Hidup yang dilansir media online menyebutkan kategori kota metropolitan, kota terkotor Bekasi dengan nilai 63,78. Angka penilaian ini merupakan skala nilai sedang.

Menyusul di belakangnya, Kota Tangerang (64,44), Bandung (64,69) disusul Depok (65,06). Kategori lain di antaranya kelas kota besar dan kota kecil.

Deputi Menteri Bidang Pencemaran, M Gempur Adnan mengatakan skala penilaian yang sangat jelek nilainya berkisar 30-50, yang jelek 50-60, cukup 60-70, baik 71-85, dan yang sangat baik 85-90.

H. Dedy Juanda, Kepala Dinas Kebersihan Pemkot Bekasi, kepada Pos Kota Rabu petang mengaku tidak yakin dengan informasi ini. Pasalnya, dia mengecek langsung ke pejabat di Kementerian KLH dan meyakini Kota Bekasi tidak masuk terkotor. "Kita sudah usaha maksimal," katanya.

Kota Bekasi sempat mendapat predikat terkotor tahun lalu dalam kategori kota metropolitan. Masuknya Kota Bekasi dalam kategori ini sempat diprotes Bekasi karena tidak sebanding jika dibandingkan dengan Jakarta misalnya. Sementara, lima wilayah di DKI Jakarta justru mendapat adipura alias kota terbersih. Ironis, karena Jakarta membuang sampah ke Bekasi dan disejajarkan dalam penilaiannya. (Poskota)

0 komentar: