18 Juni 2007

Kisruh Konser ‘Ada Band’ Penonton Tewas Kesetrum

Konser musik tiga group band yang dipadati ribuan penonton di parkir timur GOR Bekasi, Sabtu (16/6) malam diwarnai kisruh, satu orang tewas kesetrum. Buntutnya, empat orang panitia penyelenggara diperiksa oleh Polres Bekasi.

Konser musik yang menampilkan ‘Tahta’, ‘The Titans’ dan ‘Ada Band’ yang diwarnai aksi dorong-dorongan serta saling lempar antar penonton mengakibatkan belasan orang luka-luka. Polisi mengamankan delapan orang yang diduga menjadi provokator boang terjadinya kisruh.

Menurut Kapolres Metro Bekasi Kombes Chairul Anwar, pihaknya memeriksa empat panitia untuk mencari penyebab dan siapa yang bertanggungjawab atas meninggalnya seorang pengunjung. “Kami masih melakukan penyelidikan terhadap kasus ini dan belum ada yang dapat dijadikan tersangka,” ungkapnya.

Sedangkan korban yang tewas, pemuda yang tak membawa kartu identitas, hingga kini masih di kamar mayat RSU Kota Bekasi. Tewasnya pemuda ini saat ‘Ada Band’ baru saja menyanyikan lagu terakhirnya berjudul ‘Karena Wanita Ingin Dimengerti’. Pemuda berusia sekitar belasan tahun ini, tersengat aliran listrik dengan kekuatan ribuan volt yang berada di bawah kerumunan penonton.

Pengamatan Pos Kota di lokasi kejadian, kabel panjang beraliran listrik ini, menyambung dari pembangkit ke power yang mensuplay ke alat control mixer, untuk mengaliri listrik di panggung utama. Kuat dugaan kabel tersebut terkelupas terinjak-injak ribuan penonton.

Ditambah lagi, kabel tersebut dalam kondisi basah akibat tersiram air dari Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Bekasi yang sengaja disiapkan untuk menyiram air ke tubuh penonton.

Konser musik yang di sponsori salah satu produk rokok ini, sempat di warnai aksi lempar batu antara penonton. Aksi tawuran antar penonton ini, sudah terjadi saat ‘The Titans’ tampil diatas panggung. Aksi ini tidak berlangsung lama setelah puluhan petugas Brimob Polda Metro Jaya turun ke tengah-tengah penonton.

Setelah beberapa saat reda, tawuran antar penonton kembali terjadi saat ‘Ada Band’ beraksi di atas panggung. Tawuran kali ini semakin meluas, vokalis ‘Ada Band’, Donni Sibarani pun sempat enggan melanjutkan aksinya.

Akhirnya ribuan penonton yang terlibat tawuran menghentikan aksinya, sehingga ‘Ada Band’ pun kembali menyanyikan tembang-tembangnya. Namun sayang, usai konser seorang penonton ditemukan tewas (Poskota).

0 komentar: