12 Juni 2007

2 Pendaki Semeru Selamat

Dua pendaki gunung asal Bekasi, Jawa Barat, yang dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Semeru, akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Markus Fernandus dan Rico ditemukan Tim Search and Rescue (SAR) Kabupaten Lumajang dan warga setempat di kawasan Cemoro Tunggal. Meski kedua pendaki telah ditemukan, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih menutup jalur pendakian ke puncak Semeru.

Cuaca buruk dan kondisi alam yang tidak memungkinkan membuat kedua pendaki tersebut baru dievakuasi ke desa terdekat, Desa Tawangsono pada Senin kemarin. Markus mengalami patah tulang pada kakinya akibat terjatuh. Sedangkan Rico hanya mengalami luka lecet di beberapa bagian tubuh. Baik Markus maupun Rico mengaku memaksakan diri mendaki ke puncak Semeru saat cuaca memburuk dan memisahkan diri dari Tim Atmajaya.(Metrotvnews.com)

About Semeru

Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Posisi gunung ini terletak diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava kebagian selatan daerah Pasirian, Candiputro dan Lumajang.


0 komentar: