21 Mei 2007

Universitas Islam 45 (UNISMA)

UNISMA kini memiliki kurang lebih 200 orang tenaga pengajar dengan kualifikasi Guru Besar, Doktor, dan Master. Sebagian diantaranya berasal dari lulusan dalam dan luar negeri, yaitu UI, ITB, UGM, UNHAS, ITENAS, IPB, UNPAD UNIBRAW, UNAIR, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Jakarta, Asian Institute of Management Philipina, Indiana University of Pensylvania USA, Jawahalal Nehru University India, Institute of Social Studies (ISS), The Hague The Netherlands, yang berpengalaman di bidangnya.

Mahasiswa UNISMA tidak hanya diarahkan untuk mampu melakukan aktivitas perkuliahan saja, diasah juga daya nalar kritisnya serta dipadu dengan kegiatan rekreatif dalam bentuk seni dan olahraga. Pembinaan kemampuan berorganisasi mahasiswa menempati porsi besar yang bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan, kepribadian, minat dan bakat mahasiswa.

Aktivitas mahasiswa di bidang seni, olahraga, keilmuan dan keagamaan diwadahi dalam beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) seperti Paduan Suara Mahasiswa (PSM) "Suara Serayu", Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) "Tapak Giri", Sepak bola, Resimen Mahasiswa (MENWA), Pencak Silat,Bola Basket, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) "Al Ukhuwwah", Lembaga Seni dan Studi Al-Qur?an (Lass-Q), Pusat Studi Islam (PUSI), Teater Mahasiswa "Korek", dan Lembaga Pers Kampus "FOKUS". Prestasi-prestasi yang pernah diperoleh melalui kegiatan mahasiswa, antara lain Juara 1 dan 2 Festival Paduan suara Mahasiswa se-Jawa Barat tahun 2001, Juara 1 Kejuaraan sepakbola antar PT se-Jabotabek tahun 2001 dan 2002, Anggota Divisi Utama Persipasi Bekasi, Juara 1 Lomba Kebut Dayung se-Jabotabek tahun 2002, Juara 2 Panjat Dinding se-Jabotabek tahun 2001, Juara 2 Lomba Nasyid Musda 1 PK Kota Bekasi, Juara 1 Lomba Adzan di Radio Dakta tahun 2000, Juara 1 MTQ Tingkat Remaja Putra Kota Bekasi tahun 2000, Juara 2 MTQ Tingkat Remaja Putra Kecamatan Jatiasih tahun 2001, Juara 1 MTQ Tingkat Remaja Putra Kecamatan Bekasi Utara tahun 2001. Juara 1 MTQ Tingkat Remaja Putri Kecamatan Jatiasih tahun 2001, Juara 2 Hadrah Kecamatan Jatiasih, Juara 1 Invitasi Sepakbola Antar Perguruan Tinggi se-Jabodetabek tahun 2003, Juara 3 lomba pemanfaatan teknologi tepat guna dalam penyediaan energi listrik se-Jabodetabek pada tahun 2004 dan Program Indosat Telco Project Competition 2005 Regional Jabodetabek-Banten untuk kategori hardware dan lain-lain.

Disamping kegiatan mahasiswa juga terdapat kegiatan sivitas akademika yang melibatkan para pimpinan, dosen, karyawan, antara lain olahraga bersama, pertandingan olahraga antar Fakultas (indoor Soccers, 3 in 1 Soccers, Fitness, Aerobic, Futsal, dll), pengajian dwi mingguan "Khairun Nissa", bedah buku, seminar, diskusi, pameran buku, peduli dhuafa, cerdas cermat agama, penulisan ilmiah dan populer di media massa, olimpiade akuntansi, kursus Bahasa Inggris, Sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha, pembagian hewan qurban dan lain-lain.

Dalam bulan suci Ramadhan secara rutin dilaksanakan berbagai kegiatan guna menambah wawasan ke-Islam-an, seperti bedah buku, dialog dan dzikir, pemutaran film keagamaan, kajian tasawuf, ilmu fiqh ibadah, tadarus al-Qur'an, Pengajian Keluarga Sakinah, Sholat Tarawih, I'tikaf, penyaluran zakat fitrah, maal, dan shadaqah.

FASILITAS

Ruang Kuliah
Ruang ber-AC dengan suasana belajar yang nyaman dan bersih. Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran bersifat interaktif (andragogie), disampaikan dalam bentuk tatap muka, ceramah, seminar, diskusi kelompok, studi kasus, riset lapangan dan simulasi. Proses belajar mengajar secara efektif dirancang melalui Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan pemberian modul perkuliahan serta didukung alat Bantu OHP, LCD, TV, Tape, dan laboratorium.

Laboratorium
Proses belajar mengajar didukung dengan sarana laboratorium pada masing-masing program studi, dalam rangka memperdalam, menguji dan simulasi terhadap tatanan teoritik perkuliahan.

Perpustakaan
Perpustakaan sebagai pusat informasi dan dokumentasi tersedia baik di tingkat Universitas dan di masing-masing Fakultas. Perpustakaan UNISMA sampai saat ini terus melakukan perbaikan dengan upaya melengkapi koleksi buku yang up to date.

Halaman Parkir
Tersedia halaman parkir yang luas dan nyaman.

Mushalla & Masjid
Sebagai kampus khairu ummah UNISMA menyediakan mushalla dan masjid sebagai jantung kegiatan amaliah spiritual sivitas akademika. Pada saat ini sedang dibangun Masjid Baiturrahim di plaza UNISMA.

Kantin Kampus
Tersedia di kampus dengan harga yang terjangkau bagi sivitas akademika.

Wartel, Telepon Umum, Warnet & Rental Komputer
Warung Telekomunikasi, Warung Internet dan rental komputer tersedia di kampus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi www.unismabekasi.ac.id
atau datang langsung ke kampus UNISMA:
Jl. Cut Mutia No. 83 Bekasi
Telp. (021) 8802015, 8808851-53
Fax. (021) 8801192

0 komentar: